Saturday, June 19, 2010

Energi Kinetik


  1. Definisi

  2. Secara umum, energi kinetik adalah energi yang dipunyai suatu benda yang sedang bergerak.
    Secara khusus, energi kinetik adalah energi yang dipunyai suatu benda bermassa m yang sedang bergerak dengan kelajuan v.

  3. Faktor

  4. Seekor gajah yang sedang berlari mempunyai energi kinetik lebih besar daripada seorang atlet yang sedang berlari (dengan kelajuan yang sama) karena gajah mempunyai massa yang lebih besar.

    Mobil balap yang sedang bergerak mempunyai energi kinetik lebih besar daripada mobil pada umumnya (dengan massa yang sama pula) karena mobil balap mempunyai kelajuan yang lebih besar.

    Dapat diambil kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi energi kinetik adalah massa dan kelajuan suatu benda.

  5. Rumus dan penurunan

  6. Rumus umum dari energi kinetik adalah:

    Ek=1/2.m.v2


    Rumus tersebut diperoleh dari penurunan rumus usaha (W=F.s). Berikut penurunannya.

    Kita mulai dengan persamaan untuk jarak yang ditempuh benda dengan kelajuan awal v0, percepatan a, dalam waktu t.

    s=v0.t + 1/2.a.t2

    Jika v0=0, maka didapatkan:

    s=1/2.a.t2 ...(1)

    Untuk kelajuan benda vt dengan v0=0, didapatkan:

    vt=v0 + a.t
    vt=a.t
    t=vt/a ...(2)

    Subtitusikan persamaan (2) ke persamaan (1), sehingga:

    s=1/2.a.t2
    =1/2.a.(vt/a)2
    =vt2/2a ...(3)

    Kita subtitusikan Hukum II Newton dan persamaan (3) ke rumus usaha (W=F.s) sehingga diperoleh:

    W=F.s
    W=(m.a).vt2/2a
    W=1/2.m.vt2

    Nah, W=1/2.m.vt2 inilah yang disebut energi kinetik.

  7. Q and A

    • Q: Mengapa kg.m2s-2=Joule?

    • A: Seperti yang kita tahu, rumus dari energi kinetik adalah 1/2.m.v2, maka satuaannya adalah Kg.m2s-2. Berdasarkan rumus usaha W=F.s, maka satuaannya adalah N.m (Joule). Di mana satuan dari F adalah Newton (Kg.ms-2). Maka diperoleh satuan energi kinetik => Kg.m2s-2 = (Kg.m.s-2)m = N.m

8 comments:

Anonymous said...

ada yang saya kurang jelas nih pak
rumus energi kinetik = 1/2.m.v²
EK = 1/2.massa.kecepatan²
EK = 1/2.massa.(jarak/waktu)²
EK = 1/2.kg.(m/s)²
EK = 1/2.kg.m²/s²

nah gmna caranya satuannya jadi kg.m²/s² ?

setau saya emang bener satuannya joule/N.m dan rumusnya 1/2.m.v², tp masih bingung kok bs
mohon pencerahannya, soalnya lg ada tugas tentang ini
terima kasih

Anonymous said...

mau jawab coment yg di atas, itu kan m dan s dikuadratkan, jadinya m nya kuadrat dan s nya jyga jadi kuadrat.

Aan Kurniawan on May 23, 2013 at 10:09 AM said...

1/2 disini adalah faktor pengali untuk nilai, bukan satuan... Jd tetap saja Satuannya kg.m ²/s². Misalnya seperti ini. Tinggi tiang listrik = 2 x tinggi tiang jemuran. Disini tetap saja Satuannya meter (m), bukan 2m. Jadi jika tinggi jemuran 5 m, maka tinggi tiang listrik adalah 10 m, bukan 10 2m.
:)

Aan Kurniawan on May 23, 2013 at 10:09 AM said...

1/2 disini adalah faktor pengali untuk nilai, bukan satuan... Jd tetap saja Satuannya kg.m ²/s². Misalnya seperti ini. Tinggi tiang listrik = 2 x tinggi tiang jemuran. Disini tetap saja Satuannya meter (m), bukan 2m. Jadi jika tinggi jemuran 5 m, maka tinggi tiang listrik adalah 10 m, bukan 10 2m.
:)

Anonymous said...

mau tanya nih,kalo cara ngitung gravitasi itu gimana ya kalo parameter yg lain diketahui?hehe..

Putri Panjaitan said...

klo aq nanya PR bsa gak ????

m.akbar.probo.s on October 18, 2013 at 4:33 AM said...

masa hanya begitu aja, itu ma kecil

m.akbar.probo.s on October 18, 2013 at 4:37 AM said...

tmn-tmn gak akan bisa ngerjain soal segampang itu karena tmn-tmn payah banget

Post a Comment

 
Pendidikan IPA Created by Septa Wibi Syahputra. Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template