Friday, January 22, 2010

Alkohol (Alkanol)

Alkohol dengan rumus umum CnH2n+2O yang sama dengan rumus umum eter, keduanya merupakan senyawa turunan alkana yang paling sederhana karena hanya memuat satu atom O.

Pengelompokan alkohol

Alkohol dengan rumus struktur R-OH (R=gugus alkil) dibagi menjadi tiga macam, yakni alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tersier.

Alkohol primer

Alkohol primer adalah alkohol dengan atom C yang mengikat gugus fungsi (-OH), mengikat 1 atom C yang lain. Contoh: CH3-CH2-OH, CH3(C2H5)CH-CH3-OH, dan lain-lain.

Letak gugus fungsi alkohol primer ini selalu pada nomor 1. Mengapa? Karena atom C yang mengikat gugus fungsi (-OH), mengikat 1 atom C yang lain hanya pada ujung rantai saja. Dengan kata lain, gugus fungsi selalu pada nomor 1.

Key: Gugus fungsi alkohol primer selalu terikat pada -CH2

Alkohol sekunder

Alkohol sekunder adalah alkohol dengan atom C yang mengikat gugus fungsi (-OH), mengikat 2 atom C yang lain. Contoh: CH3-CH(CH3)-OH, CH3-CH2-CH(C2H3)-OH, dan lain-lain.

Key: Gugus fungsi alkohol sekunder selalu terikat pada -CH

Alkohol tersier

Alkohol tersier adalah alkohol dengan atom C yang mengikat gugus fungsi (-OH), mengikat 3 atom C yang lain. Contoh: (CH3)3C-OH, CH3-C(CH3)2-OH.

Key: Gugus fungsi alkohol tersier selalu terikat pada -C


Tata nama alkohol

Tata nama alkohol dibagi menjadi 2, yaitu tata nama IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) dan tata nama trivial (lazim).
Tata nama IUPAC

Tatanama IUPAC alkohol menggunakan gugus hidroksil (-OH). Cara penamaannya=nama cabang+alkanol(panjang rantai:metan, etan, propan, dst +ol). Contoh untuk rantai lurus dengan atom C sebanyak 4 dinamakan Butanol.

Gugus alkohol primer (1-Butanol)

Gugus alkohol sekunder (2-Butanol)

Untuk penomoran rantai, ujung rantai yang paling dekat dengan gugus fungsi selalu rantai nomor 1. Jika jarak ujung kedua ujung ke gugus fungsi sama, maka ujung yang paling banyak cabang menjadi rantai nomor 1.

Tata nama trivial

Tata nama trivial alkohol cukup mudah, yakni nama rantai alkil + "alkohol". Misalnya untuk rantai lurus dengan atom C sebanyak 4, maka namanya adalah butil alkohol.

0 comments:

Post a Comment

 
Pendidikan IPA Created by Septa Wibi Syahputra. Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template